Maandag 02 Februarie 2015

KERIPIK JAMUR TIRAM dan KERIPIK NANGKA GURIH RENYAH


KERIPIK JAMUR TIRAM

Terlintas dalam benak kita bahwa keripik identik dengan pisang dan singkong. Tahukah bahwa ada keripik yang kenikmatannya lebih mumpuni dibanding lainnya yaitu berasal dari jamur. Bagi pengusaha atau UKM bisa tuh dikembangkan camilan nan lezat ini. Cocok juga untuk ibu rumah tangga , dari itu akan diberitahu cara membuat keripik jamur secara mendetail. Untuk resep keripik jamur bisa dilihat alur serta bahannya dibawah.
Resep Keripik Jamur

Sebelum memilih jamur sebaiknya perhatikan kualitas serta jenisnya agar resep keripik jamur makin maksimal. Saya sarankan pilihlah jamur tiram yang berwarna putih bersih dan daunnya lebar. Daun jamur yang kecil akan susah diproses dan mudah hancur. Jika saja memilih jamur ukuran besar maka saat terbelahpun masih terlihat besar. Jamur yang besar juga cenderung tebal, banyangin saja nikmat mana tipis sama tebal. Saya yakin rasanya lebih yahud yang tebal.
Resep Keripik Jamur Tiram
Bahan
  • 500 gram Jamur Tiram
  • Tepung Beras
  • 1 Telur
Bumbu Keripik
  • Kemiri
  • Bawang putih
  • Ketumbar
  • Garam
  •  
Cara Membuat Keripik Jamur
  1. Suir-suir jamur namun jangan terlalu kecil.
  2. Panaskan air hingga mendidih. Angkat.
  3. Masukkan jamur kedalam air panas kurang lebih 3 menit. Angkat lalu tiriskan hingga tidak panas.
  4. Haluskan bumbu keripik menggunakan blender agar lebih halus.
  5. Campurkan bumbu dengan tepung beras, aduk sampai bumbu tercampur rata. Tuangkan telur kemudian aduk lagi. (sebut saja adonan tepung)
  6. Campurkan adonan tepung dengan suiran jamur. Aduk merata menggunakan tangan, usahakan jangan menggunakan alat karena dapat merusak tekstur jamur.
  7. Setelah itu anyak jamur sebentar. Tujuannya agar tepung yang menempel terlalu banyak dapat lepas. Jika kebanyakan tepung maka keripik jamur kurang matang merata.
  8. Langkah terakhir adalah menggorengnya dengan takaran minyak yang banyak dan api kecil/sedang hingga kuning kecoklatan.
  9. Tiriskan beberapa saat supaya minyak dapat luntur, setelah itu disimpan di wadah yang kedap udara. Fungsi dari meniriskan keripik agar lebih awet dan tetap crispy.

Selesailah resep keripik jamu. Tongkrongin terus ya resep-resep di sini biar ketrampilan di dapur makin kece dan oke. Bagi para pengusaha keripik salam sukses, semoga usahanya tambah lancar. Tak ketinggalan juga para sahabat pecinta keripik jamur, selamat menikmati.

KERIPIK NANGKA GURIH RENYAH
Anda pasti penasaran bagaimana membuat keripik nangka biasanya disukai banyak orang karena rasa manisnya asli dan tidak berubah layaknya buah nangka yang belum diolah, keripik nangka sangat cocok untuk disajikan saat keluarga sedang bersantai menikmati acara tv ataupun disajikan untuk tamu.

cara membuat keripik nangka

Bahan-bahan Cara Membuat Keripik Nangka :
  • buah nangka segar, tidak terlalu matang 1 kg
  • air 1½ liter
  • kapur sirih 100 gram
  • garam 75 gram
  • gula pasir 150 gram
  • minyak goreng 2 liter
Cara Membuat Keripik Nangka Gurih dan Renyah

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Rendam buah nangka dengan air larutan kapur sirih hingga 5 jam.
  3. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan hingga benar-benar kering.
  4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu selama 5 jam.
  5. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  6. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang, angkat dan tiriskan. Dapat menggunakan mesin peniris minyak, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  7. Simpan keripik buah nangka ke dalam wadah atau plastik kedap udara supaya rasa renyah dan gurihnya tahan lama.

Informasi tambahan : Penambahan rasa pada keripik nangka dapat dilakukan sebelum buah nangka digoreng, kita bisa menambahkan gula pasir, garam atau madu.

Nah keripik nangka sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta. Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik nangka dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal dulu.

Selamat mencoba dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam berusaha. dan ketika Anda mencobanya dirumah sebaiknya pada saat musim-musim panas. Hal ini disebabkan karena keripik nangka yang dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari langsung hasilnya akan lebih bagus ketika digoreng nanti, sebaliknya keripik nangka akan keras ketika belum kering namun sudah digoreng.


1 opmerking:

  1. minta info yang jual jamur crispy di sekitaran surabaya ya..

    kalau membuat jamurnya aneka rasa bgmana carany?

    AntwoordVee uit

tatacara mensholatkan jenazah

tatacara mensholatkan jenazah Rukun, syarat, panduan tatacara sholat jenazah atau sholat mayit dibawah ini adalah sudah kami ri...